Friday, June 16, 2017

Hari Lahir Pancasila Momentum Jaga Persaudaraan

Hari Lahir Pancasila Sebagai Momentum Untuk Menjaga Persaudaraan


Sebagai perusahaan besar yang memiliki banyak karyawan dan memiliki visi dan misi yang sama dengan pemerintah untuk menjaga persatuan, persaudaraan, dan kekeluargaan baik dilingkungan perusahaan maupun lingkungan areal perkebunan dengan masyaraka luas tentu perusahaan memiliki tanggung jawab yang besar untuk menjaga kondisi tersebut berjalan dengan baik dan kondusif.

Banyak tantangan yang dihadapi perusahaan, tidak hanya di dalam perusahaan namun diluar perusahaan juga sering dirasakan seperti kesalapahaman antar sesama karyawan dalam menjalankan aktivitas kerjanya. Hal semacam inilah yang tentunya harus diatasi dan diberikan sosialisasi yang baik agar tidak terulang kembali.

Untuk mengantisipasinya, hal semacam itu salah satunya bisa dilakukan dengan berbagai kegiatan yang bersifat positif seperti kegiatan sosial, kegiatan kepemudaan dan peringatan hari-hari besar keagamaan serta peringatan hari-hari besar nasional. Bertepatan dengan hari besar nasional seperti Hari Lahirnya Pancasila yang jatuh pada tanggal 01 Juni 2017 lalu, PT. Nabire Baru mengadakan rapat dan sosialisasi bagi beberapa pewakilan karyawannya di ruang pertemuan PT. Nabire Baru Kabupaten Nabire Papua.

Sosialisasi sekaligus rapat bulanan yang mereka lakukan mengambil tema menjaga persaudaraan dan saling menghormati untuk menjaga suasana kebersamaan dan persaudaraan yang ada dilingkungan perusahaan maupun dilingkungan luar perusahaan. Dalam kegiatan sosialisasi dan rapat tersebut juga dihadiri oleh CSR Manager PT. Nabire Baru Bapak Yakobus Stefanus Muda.

Dalam kesempatannya ia membacakan sambutannya berupa himbauan untuk menjaga perdamaian, persatuan, persaudaraan antar sesama karyawan dan masyarakat setempat. Selanjutnya ia mengungkapkan juga bahwa saling menghormati, saling bekerja sama dan saling toleran merupakan sikap yang bisa mempererat rasa persaudaraan diantara kita semua.

Sambungnya, ia mengatakan bahwa saat ini negara kita sedang mengalami keprihatinan dimana kehidupan berbangsa dan bernegara Indonesia sedang mengalami ujian yang mengancam kebhinnekaan dan kesatuan bangsa Indonesia itu sendiri. Ia mengharapkan agar kondisi tersebut tidak terjadi di lingkungan perusahaan dan tidak mengganggu suasana kerja yang sudah dibangun dengan baik di lingkungan perusahaan sejak lama hingga saat sekarang ini.

Diakhir sambutannya pada momen Pekan Pancasila 29 Mei - 04 Juni 2017 yang dikumandangkan Presiden Jokowi dengan tagar #SayaIndonesia, #SayaPancasila, beliau mengatakan mengharapkan bahwa hari lahirnya Pancasila ini juga dapat dijadikan sebagai momentum untuk menjaga rasa persaudaraan, kekeluargaan dan saling bergotong royong sehingga semua karyawan PT. Nabire Baru di Papua dapat merasakan manfaatnya.

Selanjutnya dilakukan kegiatan rapat bulanan tentang pembacaan laporan dan kordinasi kegiatan kerja di tiap-tiap unit satuan kerja. Adapaun kegiatan tersebut rutin dilakukan setiap bulannya untuk mengetahui perkembangan dan pengawasan kerja dari tiap masing-masing satuan kerja.