Thursday, April 20, 2017

Penting Menyusun Rencana Kerja Afdeling

Sebagai perusahaan skala nasional dibidang perkebunan kelapa sawit, PT. Nabire baru banyak melakukan upaya kongrit yang salah satu tujuannya adalah untuk menghasilkan kinerja dan mutu para pemimpinnya di tiap-tiap unit (afdeling), seperti yang akan kami uraikan dibawah ini.

Dalam pekerjaan perlu dilakukan evaluasi dan kontrol disetiap unit atau kegiatan yang ada diberbgai perusahaan. Dan guna menghasilkan kinerja kerja yang baik disetiap unit, maka diperlukan rencana kerja yang matang oleh tiap-tiap unit atau afdeling yang ada di daerah perkebunan kelapa sawit.

Hal diatas tersebut menjadi panduan dalam kegiatan operasional PT Nabire Baru di kabupaten Nabire Papua. Rencana kerja bulanan adalah sebuah rencana yang disusun oleh pimpinan untuk sebagai acuan kerja bagi para karyawannya, baik yang ada di pusat, cabang dan disetiap unit afdeling bagi setiap perusahaan perkebunan, seperti di PT. Nabire Baru ini yang saat ini sedang gencar melakukan penanaman bibit sawit baru kualitas terbaik yang diperoleh dari perusahaan pemulia kelapa sawit andalan Indonesia.

Kepala afdeling yang memimpin wilayahnya harus bisa membuat rencana kerja bulanan. Dasar membuat rencana kerja tersebut adalah budget tahunan yang disusun oleh pimpinan atau managernya. Progress kerja bulanan dan rotasi kerja bagi tiap-tiap karyawan atau pimpinan afdeling juga penting untuk dilakukan. Gunanya adalah untuk melihat kinerja bagi karyawan maupun pimpinannya serta memberi pengalaman yang banyak bagi mereka.

Dalam rapat tahunan hal tersebut sudah sering dibahas dan dievaluasi oleh para pimpinan perusahaan termasuk di PT. Nabire Baru ini. Penerapannya juga diharapkan dapat berjalan dengan baik hingga ke wilayah afdelingnya. Adapun hal penting dalam rencana kerja bulanan yang dilakukan oleh PT Nabire Baru adalah:

  • Aturan kerja dan jenis pekerjaan yang harus dilakukan harus sesuai dengan SOP.
  • Membagi lokasi kerja berdasarkan blog guna mengetahui lokasi unit kerja masing-masing kepala afdeling.
  • Merinci luasan ukuran suatu afdeling guna mengetahui kemampuan kepala afdeling dalam melakukan pekerjaannya.
  • Merinci jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan guna mengerjakan item kerja disetiap-tiap unit.
  • Menyusun anggaran biaya untuk menyusun rancana kerja bulanan. Gunanya adalah untuk mengetahui berapa besar biaya yang dibutuhkan dalam sebuah pekerjaan.

Dari rencana kerja diatas yang harus dilakukan oleh tiap-tiap kepala afdeling, perlu adanya evaluasi dari pimpinan perusahaan. Agar pekerjaan ditiap-tiap afdeling dapat berjalan lancar dan mengetahui kinerja tiap-tiap kepala afdeling tersebut.

Selain itu dengan adanya rencana kerja yang dilakukan oleh tiap-tiap kepala afdeling, maka tidak akan terjadi pelanggaran-pelanggaran terhadap budget ataupun jumlah tenaga kerja yang telah ditetapkan atau dibutuhkan. Terakhir, harapan dari PT. Nabire Baru terhadap pentingnya menyusun rencana kerja afdeling ini adalah  rencana kerja tersebut menjadi acuan yang bisa dipertanggungjawabkan kepada setiap aktifitas operasional yang mereka lakukan.

Kelapa Sawit